mengamati SATURNUS di akhir pergantian tahun

Pesawat ruang angkasa nasa Cassini kembali mengitari Saturnus. sejumlah adegan indah di abadikan dari planet raksasa dan bulannya pada tahun 2011 ini. sehingga dapat kembali membuka cakrawala penelitian baru dan mempesona publik dengan pemandangan warna-warni di akhir tahun.

NASA merilis gambar berwarna pekan lalu yang memperlihatkan permukaan Saturnus, metana, Titan dan beberapa satelit lain dari planet berbatu tersebut. Para ilmuwan telah menemukan 62 bulan yang mengorbit pada Saturnus, dan kebanyakan dari bulan tersebut ditemukan dari pesawat ruang angkasa Cassini.

cassini.jpg


Cassini dalam misi diperpanjang untuk mempelajari Saturnus hingga 2017, ketika musim panas dimulai di belahan utara planet.

Foto kredit: NASA / JPL-Caltech / Ruang Angkasa Institut

titan dione.jpg


Dione bulan terbesar ketiga Saturnus dapat dilihat melalui kabut bulan terbesarnya, dua Titan dalam pandangan ini berpose sebelum planet dan cincin. terlihat dari pesawat ruang angkasa Cassini NASA.

titan tethys.jpg


Bulan Saturnus Tethys, dengan permukaan yang dingin tampak putih, mengintip dari belakang, titan terlihat lebih besar dan berkabut, warna-warni dari dua bulan dalam pandangan Cassini. Cincin Saturnus terletak antara keduanya.

titan upfront.jpg


Dunia warna-warni bulan terbesar Saturnus, Titan, lewat di depan planet dan cincin dalam snapshot ini adalah warna yang sebenarnya di ambil dari pesawat ruang angkasa Cassini NASA.

dione titan.jpg


Titan, Bulan terbesar Saturnus, disini terlihat muncul lebih kecil ketika dipasangkan dengan Dione, bulan terbesar ketiga Saturnus, terlihat dari pesawat ruang angkasa nasa Cassini.

IDL TIFF file.jpg


bulan terbesar Saturnus, Titan, dilihat dari Cassini saat menghadap ke arah daerah kutub selatan. dan ini menunjukkan depresi di dalam lapisan orange dan biru kabut bulan di dekat kutub selatan.

titan.jpg


bulan Terbesar Saturnus Titan diselimuti kabut atmosfer awan tebal , pemandangan ini diambil dari cassini bulan 11 September 2011.

methane clouds.jpg


pesawat ruang angkasa nasa Cassini menangkap kronik pergantian musim seperti awan yang terkonsentrasi di dekat ekuator bulan terbesar Saturnus, Titan. awan metana di troposfer, bagian terendah atmosfer, tampak putih di sini, dan sebagian besar di dekat khatulistiwa Titan. Daerah gelap adalah permukaan fitur yang memiliki Albedo rendah, yang berarti mereka tidak mencerminkan banyak cahaya. gambar ini dekat-infra merah ditangkap pada 2010 tetapi tidak dirilis sampai Maret 2011.

moon quintet.jpg


Sebuah kwintet dari bulan Saturnus datang bersama-sama di tengah pesawat ruang angkasa Cassini dilihat dari potret 29 Juli 2011. Janus (179 kilometer, atau 111 mil) berada di sebelah paling kiri. orbit Pandora (81 kilometer, atau 50 mil) berada diantara cincin A dan cincin F yang tipis dekat dengan bagian tengah gambar. reflektif cerah enceladus (504 kilometer, atau 313 mil) muncul di atas tengah gambar. Kedua bulan terbesar Saturnus, Rhea (1.528 kilometer, atau 949 mil), membagi tepi kanan gambar. Para Mimas Bulan yang lebih kecil (396 kilometer, atau 246 mil) dapat dilihat di luar Rhea juga di sisi kanan gambar.

storm.jpg


Badai besar berputar melalui atmosfer di belahan bumi utara Saturnus ikut mengelilingi planet dalam pandangan yang sebenarnya dari pesawat ruang angkasa nasa Cassini yang diambil pada 25 Februari 2011.

enceladus.jpg


pesawat ruang angkasa nasa Cassini melihat sebuah patch sinar ultraviolet bersinar di dekat kutub utara Saturnus yang menandai kehadiran sebuah sirkuit listrik yang menghubungkan antara Saturnus dengan Enceladus (bulan nya). jejak dari Patch ini baru ditemukan setelah terjadi hubungan magnetik antara Saturnus dan Enceladus. hal itu menunjukkan kecepatan elektron dan ion di sepanjang garis medan magnet.

radenfaletehan.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s