“Mengenali Jenis dan Karakter Kepribadian Diri Sendiri”

Ada berbagai jenis karakter atau sifat orang, itu secara khusus artinya setiap orang memiliki karakter tersendiri. Untuk mengetahuinya ada yang namanya tes kepribadian. Masih ingat dulu ketika zaman SMA ada salah satu sesi tiap minggunya, yaitu bimbingan konseling (BK).

Setiap minggunya ada guru BK yang mengisi jam dan meminta mengisi pertanyaan, kurang lebih pertanyaan-pertanyaan tentang diri sendiri. Itulah tes kepribadian sederhana yang saya kenal. Tes kepribadian itu adalah tes psikologi untuk mengetahui karakter dan jenis kepribadian seseorang, baik aspek kognitif atau emosi.

Masih ingat juga waktu kelas 2 SMA, setelah itu adalah penjurusan apakah masuk IPA, IPS atau Bahasa. Waktu itu juga diadakan tes psikologi, tentunya sebagai salah satu pertimbangan apakah seorang cocok masuk di kelas IPA, IPS atau Bahasa. Hasil dari tes itu merekomendasikan saya untuk masuk IPS. Memang secara akademis nilai-nilai mata pelajaran MIPA saya tidak ada yang bagus.

Untuk mengetahui kepribadian diri sendiri atau seseorang ada 2 macam yang digunakan dalam tes kepribadian, yaitu dengan menggunakan grafis dan kuesioner. Dulu waktu saya masuk salah satu jurusan  yaitu PGSD adan dua macam tes, yaitu tulis dan wawancara. Waktu wawancara inilah pernah saya diminta untuk menggambar, sesuka hati. Tidak tahu maksudnya, apakah ada hubungannya untuk mengetahui karakter atau tidak.

Yang sering dan lazim digunakan tes kepribadian yaitu kuesioner. Yaitu mengetahui kepribadian atau karakter seseorang berdasarkan jawaban dari beberapa pertanyaan yang diberikannya. Di ranah internet pun banyak sekali website yang menyediakan layanan tes kepribadian, salah satunya http://pribadiku.com

Melakukan tes kepribadian akan bisa mengetahui karakter seorang atau diri sendiri, yang hal tersebut meliputi; (1) Kelebihan dan kekurangan diri sendiri sehingga tidak berkecil hati dan menyombongkan diri (2) Mengetahui potensi diri lalu bisa mengembangkannya (3) Mengenal diri sendiri dapat membantu anda untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi (4) Mengetahui jenis pekerjaan apa yang paling cocok dengan kepribadian karakter kita, sehingga melakukan pekerjaan tersebut dengan bahagia. Bahagia karena pekerjaan tersebut cocok. Dan bahagia karena mendapatkan imbalan sepadan terhadap apa yang dikerjakan dengan sepenuh hati.

Lalu mengapa saya membahas ini? ada beberapa hal yang menganjal dalam hal pekerjaan, berkomunikasi (bersosialisasi) dan study saya. Sepertinya saya perlu mengenal pribadi diri sendiri, mengapa sampai terjadi permasalahan. Dan yang paling pertama dulu adalah mengenal dan menilai diri sendiri terlebih dahulu. Bagaimana saya lebih santai, merasa tertekan dengan waktu yang mendesak, lebih banyak diam, sedikit relasi, lebih mengutamakan perasaan daripada pikiran dan lain-lain. Untuk lebih mendetail, sepertinya harus ke ahli psikologi deh :lol:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s